- Lifestyle

Deretan Makanan Berlemak Tinggi yang Baik untuk Kesehatan

Mengkonsumsi lemak menjadi bagian penting dari menjaga kesehatan. Karena lemak adalah sumber energi terpenting selain karbohidrat dan protein. Mengkonsumsi makanan berlemak juga berguna dalam menyerap beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Hanya saja Anda mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak, Anda harus lebih pintar. Karena ada berbagai jenis lemak yang baik untuk kesehatan dan ada juga yang tidak. Kandungan lemak makanan sangat berbeda. Beberapa mengandung lemak jahat dan yang lain mengandung lemak sehat. Apa yang disebut sebagai lemak jahat adalah lemak jenuh dan lemak trans. Jenis lemak ini ditemukan dalam makanan seperti daging merah, benjolan angsa, berbagai produk susu, telur, kentang goreng, pizza, dan kue.

Ikan

Ikan dalam makanan berlemak yang baik untuk kesehatan Anda. Tingginya kandungan asam lemak omega 3 pada ikan penting untuk kesehatan tubuh dan otak, sehingga konsumsi ikan yang cukup dapat membuat fungsi otak optimal. Kandungan asam lemak omega-3 juga terkait erat dengan penurunan risiko stroke, serangan jantung dan penyakit Alzheimer. Untuk mendapatkan lemak sehat pada ikan, konsumsilah ikan yang tidak mengandung kadar merkuri tinggi, seperti salmon, sarden, jagung rebus, kakap dan tuna.

Alpukat

Kalori dalam alpukat adalah 77% berasal dari lemak. Namun, lemak dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Menurut sebuah lembaga kesehatan Amerika, kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol rendah (LDL) jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Selain itu, manfaat alpukat yang juga bisa didapat adalah kandungan mineral, fitonutrien, asam folat, serat, zat besi, kalium, lutein, beta-karoten dan vitamin E.

Kacang polong

Kacang kaya akan lemak, vitamin E, magnesium, serat dan protein nabati yang dibutuhkan tubuh. Jenis lemak dalam kacang juga diklasifikasikan sebagai lemak sehat yang baik untuk kesehatan. Misalnya, kenari yang mengandung asam lemak omega 6, disebut asam linoleat. Lemak ini baik untuk kesehatan jantung. Penelitian mengatakan bahwa orang yang makan kacang biasanya lebih sehat dan berisiko lebih rendah mengalami obesitas, penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Selain kacang kenari, kacang yang direkomendasikan adalah kacang almond dan makadamia. Yang terbaik adalah memilih produk kacang olahan tanpa garam, gula dan minyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *