- Wisata

Karang Purba Surganya Para Pencinta Laut dan Pengagum Senja

Pulau Tomia terletak di pusat Wakatobi dan merupakan pulau karang tua yang cukup unik. Terbentuk sebagai hasil dari pergeseran kerak bumi, karang yang muncul ke permukaan dan kemudian ditutupi dengan vegetasi alami, mengubah sebuah pulau. Wisata terumbu karang adalah daya tarik utama, terutama bagi wisatawan yang menikmati snorkeling. Terletak di area segitiga terumbu karang dunia, Pulau Tomia memiliki koleksi terumbu karang yang terawat dengan baik dengan permukaan laut yang sangat jernih.

Perairan di sekitar Pulau Tomia relatif jernih. Karena itu jarak pandangnya cukup jauh, bisa mencapai 15 meter dan jika Anda ingin mengambil foto bawah air, itu juga bisa gratis. Keindahan tanah Tomia tidak kalah dengan keindahan di bawah air. Tanah pulau Tomia dipenuhi bukit, lembah, dan sabana yang luas. Di daratan Tomia, pengunjung juga dapat menemukan situs bersejarah seperti Benteng Patuha.

Pulau Tomia adalah salah satu pulau dalam kelompok Kabupaten Wakatobi, di provinsi Sulawesi Tenggara. Pulau ini terletak di bagian selatan Pulau Kaledupa dan di bagian utara Pulau Binongko. Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi Tomia, ada banyak pilihan transportasi yang dapat digunakan. Dari Jakarta, Anda dapat mengambil penerbangan langsung ke Bandara Matahura, Wakatobi di Wanci, dengan transit di Kendari. Anda juga dapat melakukan perjalanan laut dari Kendari dengan kapal pesiar mingguan langsung ke Pulau Tomia.

Atau, jika Anda memulai perjalanan dari Makassar, pengunjung dapat menggunakan kapal PELNI ke Bau-bau dan kemudian berlayar ke Pulau Wanci dengan waktu perjalanan sekitar 12 jam. Pulau Tomia secara keseluruhan buka 24 jam sehari. Jadi Anda bisa berkunjung dan bahkan bermalam kapan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *