- Kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan Saat Hamil dan Cara Menggunakan Kalkulator Kehamilan

Banyak wanita tidak mengetahui bahwa dirinya telah hamil hingga melakukan test atau pergi ke dokter. Hal ini sering terjadi pada wanita yang tidak merencanakan kehamilan sehingga jarang menggunakan tespack atau memeriksakan diri ke dokter kebidanan. Setelah timbul gejala seperti waktu haid yang mundur atau hingga timbul rasa mual muntah, mereka umumnya baru menyadari bahwa ada kemungkinan sedang mengandung. Kondisi seperti ini membuat calon ibu tidak mengetahui dengan pasti berapa usia janin yang membuatnya kebingungan jika harus menyebutkannya saat ditanya orang lain. Namun Anda jangan khawatir karena kini ada kalkulator kehamilan yang dapat digunakan untuk memperkirakan usia kehamilan dengan mudah.

Anda kini dapat memperkirakan usia kehamilan bahkan sebelum memeriksakan diri ke dokter. Namun sebelum itu, pastikan bahwa diri Anda benar-benar hamil terlebih dahulu dengan membeli tes kehamilan dan menggunakannya. Jika hasil tespack positif dengan menunjukkan dua buah garis, berarti Anda positif hamil dan dapat memakai kalkulator kandungan untuk menghitung usia kehamilan. Dimana mendapatkan kalkulator tersebut? Ini dia beberapa cara dimana Anda bisa mendapatkan kalkulator kandungan:

  1. Aplikasi smartphone.
    Dengan kecanggihan teknologi, sekarang ini Anda dapat memiliki aplikasi kesehatan di smartphone termasuk untuk perhitungan kehamilan. Aplikasi ini bisa berdiri sendiri ataupun termasuk dalam aplikasi khusus untuk ibu hamil.
  2. Website.
    Di beberapa website kesehatan, Anda juga bisa mendapatkan kalkulator untuk menghitung masa kehamilan. Dengan begitu Anda tak perlu menginstal aplikasi ke dalam smartphone dan hanya perlu membuka website lalu mengisi data yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasilnya.

Bagaimana cara menggunakan kalkulator? Seperti namanya, sistem ini digunakan untuk menghitung masa kehamilan. Sebelum menghitung, tentu ada data yang harus dimasukkan agar hasil yang dikeluarkan sesuai dengan usia kandungan yang dimiliki. Adapun data yang harus Anda ketahui yaitu tanggal atau hari pertama haid periode terakhir dan rata-rata siklus haid Anda. Dari dua buah data tersebut, kalkulator dapat memprediksi usia kehamilan Anda dalam skala minggu atau bulan. selain itu masih ada beberapa informasi yang juga bisa diberikan antara lain:

  • Saat ovulasi atau terjadinya pembuahan.
  • Masa trimester pertama, kedua dan ketiga.
  • Periode cukup bulan yaitu periode janin sudah cukup besar dan kuat untuk dilahirkan.
  • Perkiraan tanggal kelahiran normal.

Dari informasi yang diberikan tersebut, Anda dapat mengetahui usia kandungan sehingga dapat melakukan diet dan olahraga yang lebih sesuai untuk kehamilan. Selain itu Anda juga dapat memprediksi dengan lebih tepat kapan perkiraan kelahiran sehingga dapat mempersiapkan berbagai kebutuhan bayi yang dibutuhkan. Pada aplikasi atau website yang lengkap, Anda juga bisa memperoleh informasi yang lebih detail mengenai perkembangan janin di setiap minggu usianya sebagai tambahan wawasan untuk Anda calon ibu.

Kini saat Anda merasa haid terlambat dan gejala hamil lainnya dan sudah melakukan tes positif hamil, tak perlu khawatir karena tidak mengetahui usia kehamilan dengan pasti. Anda bisa mengetahuinya dengan mudah bahkan sebelum memeriksakan diri ke dokter yaitu dengan kalkulator kehamilan yang dapat Anda gunakan dengan mudah dan cepat. Ibu hamil juga dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi lainnya untuk meningkatkan kesehatan, misalnya dengan menginstal aplikasi diet untuk ibu hamil. Bagi Anda yang justru sedang ingin berKB, ada juga aplikasi kalender masa subur untuk membantu mengingatkan waktu masa subur agar tidak kecolongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *